KONKRIT NEWS
Kamis, Oktober 24, 2024, 12:49 WIB
Last Updated 2024-10-24T05:49:07Z
UINRIL

Rektor dan Jajaran UIN Raden Intan Lampung Tinjau Pelaksanaan SKD CPNS Kemenag

Advertisement


Bandar Lampung – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, meninjau langsung pelaksanaan Seleksi Kompetensi Dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di Graha Shandeiro, Bandar Lampung, Rabu (23/10/2024).


Kehadiran Rektor pada sesi kedua ini didampingi oleh Wakil Rektor I Prof Dr H Alamsyah MAg, Wakil Rektor II Dr Safari Daud MSosI dan Koordinator Kepegawaian Lepi Astra Yudiansyah MTI sementara Kepala Biro AUPKK Dr H Juanda Naim MH, dan Kepala Biro AAKK, Dr H Abdul Rahman MPd., melakukan pemantauan pada sesi pertama.


Pelaksanaan SKD CPNS Kementerian Agama (Kemenag) di Lampung ini berlangsung selama sembilan hari, dari tanggal 20 hingga 28 Oktober 2024, dengan total peserta mencapai 12.350 orang. Tes dilakukan dalam 31 sesi, masing-masing diikuti oleh 400 peserta per sesi.


Rektor menyampaikan apresiasi atas kelancaran penyelenggaraan tes dan berharap seluruh peserta dapat mengikuti ujian dengan baik. 


“Ujian ini merupakan salah satu tahapan penting dalam rekrutmen CPNS, dan kami memastikan semua proses berjalan sesuai prosedur dan transparan,” ujar Prof Wan.


Proses seleksi dilakukan dengan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang memungkinkan peserta mengetahui hasil tes langsung setelah menyelesaikan seluruh soal. Ujian ini terdiri dari tiga komponen, yaitu Tes Intelegensia Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP) dengan nilai ambang batas (passing grade) sebagai berikut: TWK: 65 poin, TIU: 80 poin, dan TKP: 166 poin, Nilai kumulatif: 311 poin.    


Formasi CPNS Kemenag di Lampung terbagi untuk beberapa instansi. Kanwil Kemenag Lampung membuka 408 formasi, UIN Raden Intan Lampung memiliki 78 formasi, IAIN Metro menyediakan 33 formasi, dan Loka Diklat Keagamaan menyediakan 7 formasi. 


Panitia pelaksana SKD terdiri dari satuan kerja Kantor Wilayah Kemenag Lampung, UIN Raden Intan Lampung, IAIN Metro, serta Loka Diklat Keagamaan. Khusus untuk UIN Raden Intan, panitia akan bertugas selama tiga hari berturut-turut dari tanggal 23 hingga 25 Oktober 2024.


Adapun peserta yang memilih formasi UIN Raden Intan Lampung mencapai total 1.007 orang. Dari jumlah tersebut, 684 peserta mengikuti ujian di Lampung, sementara 302 orang lainnya memilih lokasi ujian di luar Lampung. Sebanyak 21 peserta memanfaatkan nilai SKD yang mereka raih pada tahun lalu. 


Pelaksanaan SKD di Graha Shandero berlangsung setiap hari dengan empat sesi. Khusus hari Jumat, tes hanya dilaksanakan dalam dua sesi, menyesuaikan dengan waktu ibadah Jumat.