KONKRIT NEWS
Kamis, Oktober 10, 2024, 10:15 WIB
Last Updated 2024-10-22T06:18:10Z
DPRD Lampung

Peningkatan Signifikan Pengguna Paylater, Anggota DPRD Lampung Turut Prihatin

Advertisement

Bandar Lampung - Peningkatan signifikan penggunaan layanan PayLater di Indonesia, khususnya di kalangan anak muda terus meningkat. Berdasarkan data, dari total 13,4 juta pengguna PayLater di Indonesia, sekitar 2,47% di antaranya berasal dari Provinsi Lampung.


Ini berarti lebih dari 330 ribu orang di Lampung telah memanfaatkan layanan kredit ini. Generasi milenial dan Gen Z menjadi pengguna utama.


Anggota DPRD Lampung Syukron Muchtar prihatin dengan situasi ini. Ia mengajak agar anak muda lebih cerdas dalam mengelola keuangan mereka.


“Kita tidak bisa menutup mata terhadap kemudahan yang ditawarkan teknologi seperti PayLater. Namun, anak muda perlu menyadari bahwa di balik kemudahan tersebut, ada tanggung jawab finansial yang harus dikelola dengan baik,” ujar Syukron, Selasa, 8/10/2024.


Ia menekankan pentingnya memiliki kesadaran dan disiplin dalam hal pengelolaan keuangan, terlebih dalam menghadapi godaan gaya hidup konsumtif.


“Anak muda harus berpikir panjang sebelum mengambil keputusan finansial. Jangan mudah tergoda oleh kemudahan cicilan untuk membeli barang-barang yang sebenarnya tidak diperlukan,” tambahnya.


Syukron juga menggarisbawahi pentingnya memahami prinsip-prinsip keuangan dalam Islam yang menganjurkan untuk hidup sesuai kemampuan dan menghindari utang yang tidak perlu.


“Islam mengajarkan kita untuk berhati-hati dalam menggunakan harta, termasuk dengan tidak boros dan menghindari utang yang memberatkan. Prinsip ini relevan dengan situasi anak muda saat ini yang seringkali terbawa arus konsumsi berlebihan,” jelasnya.


Sebagai upaya mendukung anak muda menjadi lebih cerdas finansial, Syukron mengajak lembaga pendidikan, organisasi kepemudaan, dan masyarakat luas untuk memberikan edukasi keuangan yang lebih mendalam.


“Edukasi keuangan harus menjadi prioritas. Anak muda harus paham cara menabung, berinvestasi, dan menggunakan uang secara produktif. Dengan pemahaman ini, mereka bisa terhindar dari jebakan utang dan siap menghadapi tantangan keuangan di masa depan,” tuturnya.


Dengan meningkatnya jumlah pengguna PayLater, Ustadz Syukron Muchtar berharap anak muda Lampung, dan seluruh Indonesia, bisa lebih bijak dan cerdas dalam mengambil keputusan keuangan, agar mereka dapat memanfaatkan teknologi dengan cara yang lebih sehat dan bermanfaat bagi masa depan mereka.