KONKRIT NEWS
Selasa, Oktober 15, 2024, 14:33 WIB
Last Updated 2024-10-15T07:33:30Z
politikPringsewu

Dialog Bersama BMW, Ririn-Win Siap Pecahkan Masalah Petani Pringsewu

Advertisement


Pringsewu – Calon Wakil Bupati Pringsewu nomor urut 4 Wiriawan Sada Melindra bersama Barisan Muda Wiriawan (BMW) menggelar forum dialog terbuka di Tropicale Cafe Gadingrejo, Pringsewu, Senin (14/10/2024) malam.  


Menghadirkan berbagai elemen masyarakat, pelaku UMKM, dan perwakilan petani, acara tersebut bertujuan untuk menyerap aspirasi dan keresahan masyarakat terkait masalah yang dihadapi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) serta kesulitan akses air untuk pertanian. 


Dalam diskusi itu, masyarakat mengungkapkan kekhawatiran mereka terhadap kurangnya dukungan dan aksesibilitas terhadap modal yang membuat UMKM sulit berkembang. Selain itu, masalah irigasi yang tidak memadai juga menjadi sorotan utama, mengingat sebagian besar penduduk Pringsewu menggantungkan hidupnya pada sektor pertanian.


Mas Wiriawan sapaan akrab Calon Wakil Bupati yang mendampingi Ririn Kuswantari pada pilkada Pringsewu ini menanggapi keluhan tersebut dengan berkomitmen untuk memperjuangkan solusi yang konkret.


"Kami akan membawa suara masyarakat ini menjadi program kerja kedepan jika terpilih sebagai pasangan calon Kepala Daerah Pringsewu. Kemudian berusaha memfasilitasi pelatihan serta akses permodalan dan pasar bagi UMKM," ucapnya. 


Terkait pengairan, melalui pemerintah daerah, Ririn-Win siap bekerjasama dengan Pemda Pesawaran untuk memecahkan masalah pengairan agar para petani yang ada di Pringsewu mendapatkan jumlah air yang cukup untuk mereka bertani. 


"Isu pertanian memang sangat central di Bumi Jejama Secancanan ini. Mayoritas masyarakat yang masih menggantungkan hidupnya di pertanian membutuhkan perhatian serius dari pemerintah agar produktivitas petani semakin meningkat sehingga ekonomi masyarakat tani pun semakin terangkat. Untuk itu, Ririn-Win hadir siap memberikan solusi membantu apa yang menjadi urgensi kebutuhan masyarakat. Salah satunya di sektor pertanian ini, kita akan berkolaborasi dengan Pemerintah Provinsi untuk meningkatkan infrastruktur irigasi serta menjalin kerjasama dengan Pemda Pesawaran guna mempermudah akses pengairan itu sendiri sehingga kedepan masalah air bisa teratasi," ucap Mas Wiriawan yang juga pengurus Pemuda Tani Indonesia Provinsi Lampung ini. 


Selain itu, untuk daerah-daerah yang memang sulit dialiri air melalui irigasi pada umumnya, Mas Wiriawan menawarkan program pengadaan sumur bor dan Listrik masuk sawah. 


"Kita juga bisa membuat sumur-sumur bor untuk mengairi sawah masyarakat dengan menggunakan tenaga listrik. Tapi itu semua bisa terjadi jika masyarakat melalui kelompok tani bisa menjaga dan memelihara dengan baik program tersebut sehingga setelah dibangun tidak terbengkalai,"


Dalam kesempatan ini, Mas Wiriawan juga mengatakan Ririn-Win akan menggandeng sejumlah ahli dan praktisi di bidang pertanian untuk memberikan solusi praktis tentang pengelolaan sumber daya air yang lebih efisien. 


Di akhir acara, masyarakat merasa optimis bahwa upaya kolaboratif ini dapat membawa perubahan positif bagi kehidupan mereka.


Melalui kegiatan ini, Barisan Muda Wiriawan (BMW) berharap dapat menjadi jembatan antara masyarakat dan pemerintah dalam mengatasi masalah-masalah yang menghambat kemajuan ekonomi di Pringsewu. (Putra)