KONKRIT NEWS
Selasa, Oktober 22, 2024, 08:49 WIB
Last Updated 2024-10-22T01:49:22Z
politikPringsewu

Bicara Lebih Dalam Tentang UMKM, Ririn-Win Siap Kolaborasi Dengan Pusa

Advertisement


Pringsewu – Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Pringsewu nomor 4, Ririn Kuswantari dan Wiriawan Sada Melindra kembali menggelar kegiatan "Ririn-Win Mendengar". Acara ini berlangsung di Cafe Maro, Pringsewu Barat, Kecamatan Pringsewu, dan dihadiri oleh para pemuda pelaku Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) setempat, Senin (21/10/2024).


Ririn-Win mendengar merupakan bagian dari upaya Ririn Kuswantari dan Wiriawan Sada Melindra untuk lebih dekat dengan masyarakat dan memahami kebutuhan riil di lapangan menjelang pemilihan kepala daerah.


Dalam acara ini, Mas Wiriawan selalu bersemangat mendengarkan berbagai aspirasi serta tantangan yang dihadapi oleh pelaku UMKM di wilayah Pringsewu. Dirinya menekankan pentingnya dukungan terhadap pemuda dalam mengembangkan usaha mereka, serta komitmennya untuk menciptakan kebijakan yang memudahkan akses permodalan, dan pasar bagi pelaku UMKM.


Sangat menarik, karena Ririn-Win mendengar kali ini juga menghadirkan langsung dua narasumber pelaku UMKM yang sudah cukup sukses dibidangnya. Salah satunya Rafik, dengan produknya Rafin Snack mampu menembus pasar luar negri. Dirinya sedikit bercerita perjalanan usahanya yang dimulai dari nol hingga bisa menjangkau konsumen luar negri. 


Pada kesempatan itu, Rafik juga memberikan tips dan trik market serta cara membuat personal branding produk yang menarik sehingga para pemula atau pelaku UMKM yang sudah berjalan bisa terus berkembang.


Para peserta Ririn-Win mendengar sangat antusias menyampaikan kegelisahan dan harapan mereka, menciptakan dialog yang konstruktif antara calon pemimpin dan masyarakat. Dengan semangat kolaborasi itu, Ririn dan Wiriawan berharap dapat membangun Pringsewu yang lebih maju, terutama melalui pemberdayaan generasi muda dan pelaku UMKM.


Bicara lebih dalam mengenai UMKM, Mas Wiriawan yang juga memiliki latar belakang pengusaha mengatakan dengan berdirinya Kementerian UMKM, dukungan terhadap Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) semakin menguat. Langkah itu menandai komitmen pemerintah pusat untuk memperkuat sektor yang menjadi tulang punggung ekonomi nasional, begitupun seharusnya UMKM Pringsewu.


"Kementerian ini bertugas untuk merumuskan kebijakan dan program yang memfasilitasi pertumbuhan UMKM, mulai dari akses permodalan, pelatihan, hingga pemasaran produk. Dengan adanya kementerian khusus, diharapkan UMKM akan mendapatkan perhatian lebih dalam bentuk regulasi yang mendukung dan bantuan teknis," ujar Mas Wiriawan. 


Lebih dari itu, pemerintah berupaya menjalin kemitraan antara UMKM dengan pelaku bisnis besar, memperluas jaringan dan menciptakan peluang kolaborasi. "Ini akan memberikan UMKM akses ke pasar yang lebih luas dan meningkatkan daya saing, tinggal bagaimana pemerintah daerah mampu memanfaatkan hal yang sangat positif tersebut," ujarnya. 


Seiring dengan meningkatnya dukungan itu, ucap Mas Wiriawan, diharapkan UMKM yang ada di Pringsewu juga bisa semakin berkembang kedepannya, menciptakan lapangan kerja, dan berkontribusi pada pertumbuhan ekonomi yang inklusif di Bumi Jejama Secancanan ini. Dengan penguatan yang sistematis, masa depan UMKM di tanah air semakin cerah.


"Khususnya di Kabupaten Pringsewu ini, pasangan Ririn-Win yakin mampu memanfaatkan program pemerintah pusat melalui pemerintah daerah jika mendapat amanah rakyat untuk memimpin Pringsewu kedepan. Terlebih kita punya akses yang baik dengan kementerian tersebut karena memiliki latar belakang partai yang sama dengan calon Bupati kita ibu Ririn Kuswantari. Semoga dengan ini bisa memberi tambahan manfaat bagi masyarakat Pringsewu demi terciptanya Pringsewu MAJU Berkelanjutan," tutup Mas Wiriawan. (Putra)