KONKRIT NEWS
Minggu, September 22, 2024, 18:04 WIB
Last Updated 2024-10-07T11:06:19Z
Unila

Unila Bersama PDHI Lampung Gelar “Dog Day Out and A Fun Day with Healthy Dog”

Advertisement

Bandar Lampung - Universitas Lampung (Unilabersama Perhimpunan Dokter Hewan Indonesia (PDHI) cabang Lampung mengadakan kegiatan bertajuk “Dog Day Out and A Fun Day with Healthy Dog” pada Minggu, 22 September 2024 di halaman Gedung Dekanat Fakultas Pertanian (FP) Unila.


Kegiatan dilaksanakan dalam rangkaian acara Dies Natalis Unila ke-59 berbarengan dengan peringatan Hari Rabies Sedunia. Kegiatan ini diikuti oleh sekitar 50-an ekor anjing dari berbagai jenis, seperti golden, husky, shih tzu, pitbull, beagle, herder, poodle, dan anjing lokal.


Kegiatan ini juga berhasil memperoleh dukungan dari Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Lampung dan Agroveta, perusahaan yang bergerak di bidang peternakan.


Terdapat tiga agenda yang dilaksanakan selama Dog Day Out, yakni medical check up, pemberian vaksin secara gratis, dan dog walking.


Agenda pertama adalah medical check up. Anjing-anjing yang dibawa dalam acara ini akan mengalami pengecekan kesehatan. Seluruh tubuh anjing akan dicek, seperti karang gigi, mata, rambut, telinga, dan kaki.


Agenda kedua adalah pemberian vaksinasi secara gratis. Setelah pengecekan kesehatan, pemilik anjing diberi pertanyaan oleh para dokter hewan, apakah anjing kesayangannya sudah diberikan vaksinasi anti rabies atau belum. Jika belum diberi vaksin maka dokter hewan akan memberikan vaksinasi anti rabies secara gratis.


Agenda ketiga adalah dog walking atau anjing berjalan. Anjing-anjing akan dibawa untuk berjalan-jalan di sekitar kompleks FP oleh pemilik masing-masing.


drh. Zulvia Yolanda sebagai salah satu dokter hewan yang bertugas menyampaikan, anjing adalah salah satu hewan yang sangat suka bergerak di luar ruangan.


“Anjing adalah salah satu hewan yang sebagian besar suka bergerak di luar ruangan. Terlebih setelah vaksinasi, anjing harus dibawa jalan-jalan di luar ruangan untuk membuatnya senang. Berbeda dengan kucing yang lebih senang berada di dalam ruangan.” ujarnya.


Setelah ketiga agenda dilaksanakan, akan dipilih tiga kandidat anjing terbaik berdasarkan kesehatan tubuh, kedisiplinan dalam vaksinasi, dan kerutinan vaksinasi.


Selama rangkaian acara, pecinta anjing tampak membawa kebutuhan anjingnya dengan baik, seperti plastik untuk membuang kotoran, penggunaan muzzle dan leash untuk anjing yang agresif, serta wadah minum anjing pribadi.


Dr. Agustiansyah, S.P., M.Si. selaku Wakil Dekan III Bidang Kemahasiswaan dan Alumni FP berharap agar kegiatan ini dapat membangun kesadaran bagi pecinta anjing untuk semakin memperhatikan kesehatan anjing kesayangannya masing-masing agar tidak menyebarkan penyakit kepada manusia.