KONKRIT NEWS
Sabtu, September 07, 2024, 14:11 WIB
Last Updated 2024-09-21T07:13:40Z
UINRIL

Rektor Jadi Khatib Perdana di Kota Baru, Sampaikan Empat Amalan Sunnah di Bulan Rabiul Awal

Advertisement


Lampung Selatan  – Rektor Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin Z MAg PhD, bertindak sebagai khatib perdana dalam Salat Jumat di Masjid Al Hijrah, Bandar Negara Kota Baru, Jumat (6/9/2024). Kegiatan ini sekaligus menandai dimulainya kembali pembangunan masjid, serta sebagai langkah awal pembangunan kawasan Kota Baru sebagai ikon baru Provinsi Lampung.


Dalam khutbahnya, Prof Wan Jamaluddin menyampaikan amalan-amalan sunnah yang sangat dianjurkan di bulan Rabiul Awal, bulan ketiga dalam kalender hijriah, yang memiliki tempat istimewa bagi umat Islam karena menjadi bulan kelahiran Nabi Muhammad SAW.Prof Wan memaparkan empat amalan sunnah di bulan Rabiul Awal.


Pertama, memperbanyak puasa sunnah. Kedua, memperbanyak shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Ia menjelaskan bahwa dengan memperbanyak shalawat, umat Islam akan mendapatkan kemuliaan dan Allah akan meninggikan derajat mereka.


Ketiga, memeriahkan syiar Maulid Nabi Muhammad SAW. Prof Wan mengutip pandangan Imam Suyuthi dalam kitab Al-Wasail fi Syarhis Syamail yang menyatakan bahwa membaca kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW adalah amalan yang mulia dan membawa keutamaan, termasuk syafaat dari malaikat.


Sebagaimana disebutkan, “Tidak ada rumah, masjid, atau tempat lain yang di dalamnya dibacakan kisah kelahiran Nabi Muhammad SAW kecuali malaikat akan datang berbondong-bondong mengelilingi tempat tersebut dan mendoakan penduduknya. Allah melimpahkan rahmat dan ridha-Nya kepada mereka.”


Keempat, bersedekah dan berbuat kebaikan. Prof Wan menganjurkan untuk meningkatkan amalan kebaikan selama bulan Rabiul Awal, seperti bersedekah, mengunjungi orang sakit, dan membantu mereka yang membutuhkan.


Hal ini merupakan cara yang baik untuk meneladani kasih sayang dan kepedulian Nabi Muhammad SAW.


Pada kesempatan tersebut, di hadapan Pj Gubernur Lampung dan jajaran, Prof Wan juga menyampaikan dukungannya terhadap pembangunan Kota Baru, termasuk niat untuk menggalang dana dari seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung guna menyelesaikan pembangunan Masjid Al Hijrah.


“Insya Allah kami siap menggalang dana dari seluruh sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung untuk mendukung pembangunan masjid ini,” ujarnya.


Salat Jumat perdana di Masjid Al Hijrah ini diimami oleh Dr Edi Susilo, dengan bilal oleh M Hilba Azmuna Aziz. Sivitas akademika UIN RIL, para pimpinan, serta mahasiswa Ma’had Al Jamiah UIN RIL turut memadati masjid yang menjadi simbol dimulainya kembali pembangunan Kota Baru ini.