KONKRIT NEWS
Sabtu, September 07, 2024, 22:40 WIB
Last Updated 2024-09-07T15:40:34Z
Olahraga

Pastikan Lolos ke Semifinal, Baseball Lampung Akan Kembali Hadapi Jakarta

Advertisement


Tim Baseball Lampung akan kembali hadapi DKI Jakarta setelah memastikan tiket semifinal atau super round Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI/2024 Aceh-Sumut, Sabtu (7/9/2024).


Lampung dipastikan melenggang ke super round setelah berhasil memetik dua kemenangan dari lima laga yang dilakoni. Dengan format page system, di semifinal Lampung akan berhadapan dengan DKI Jakarta yang berstatus pemuncak klasemen.


Dari lima laga yang telah dilakoni Tim Baseball Lampung, pada laga perdana Lampung kalah 14-16 dari Banten. Di pertandingan kedua, Lampung kembali kalah tipis dari Jawa Barat dengan skor 2-3.


Rajib Abi Bakri dkk kemudian bangkit pada laga ketiga dan keempat dengan melibas Bali 13-3 dan melumat Sumatera Utara 12-1.


Sedangkan di laga kelima yang berlangsung hari ini, Sabtu (7/9/2024) di Lapangan Universitas Syah Kuala (USK), Banda Aceh, Lampung kalah dari DKI Jakarta dengan skor 0-4. Di laga penyisihan terakhir, Lampung akan bersua Aceh, besok Minggu (8/9/2024). Namun, laga ini sudah tak lagi mempengaruhi Lampung untuk melaju ke super round.


“Pada laga penyisihan terakhir, Lampung lawan Aceh besok. Tapi ini sudah tdak berpengaruh. Kita dipastikan lolos ke super round dan kembali bertemu DKI Jakarta,” kata Lukman Kurnia Ramdhani, Pelatih Baseball Lampung.


Lukman mengatakan dari hasil pertandingan melawan DKI Jakarta, ia menilai meski kalah secara poin, namun permainan kedua tim relatif berimbang.


“Berkaca dari pertandingan hari ini lawan DKI Jakarta, secara permainan sebenarnya relatif berimbang. Mereka menang 4-0 setelah mendapat skor 2-0 di inning kedua dan ketiga. Tapi, keseluruhan secara materi itu berimbang,” kata Lukman.


“secara poin memang kita kalah, karena beberapa runner kita nggak bisa masuk. Tapi untuk game lawan DKI Jakarta tadi, kita lebih banyak membuat hits ada 6, sedangkan DKI hanya 2 hits. Makanya kita bilang secara permainan dan materi pemain berimbang,” lanjutnya.


Saat melawan DKI Jakarta tersebut, lanjut Kurnia, timnya juga tidak turun dengan full skuad. Sejumlah pemain diistirahatakan untuk melakukan recovery guna menghadapi babak super round.


Lukman pun mengaku optimistis timnya akan tampil lebih maksimal saat melawan DKI Jakarta di babak semifinal nanti.


“Lawan DKI Jakarta hari ini kita memang simpan beberapa pemain, jadi nggak full skuat. Karena selain ada yang cedera, kita juga memberikan recovery untuk para pemain. Sehingga, saat melawan DKI Jakarta pada Rabu nanti, kita bisa tampil dengan kondisi lebih prima.” kata Lukman.


“Tentu kita optimitis dan selalu optimistis. Apalagi dengan berkaca pada game hari ini (melawan DKI Jakrta) kita optimistis,” pungkasnya.


Sementara itu, Kapten Tim Baseball Lampung, Rajib Abi Bakri, mengaku ia dan rekan-rekannya akan mempersiapkan kondisi fisik sebaik mungkin untuk menghadapi DKI Jakarta di super round.


“Untuk persiapan super round itu kita lebih ke kondisi fisik, karena jujur saja kondisi panasnya luar biasa. Jadi kita lebih ke maintenance conditioning,” kata Rajib.


“Insyallah kita bisa masuk ke perebutan medali emas (Grand Final), mohon doanya. Saya juga berharap teman-teman nanti bisa bermain lebih lepas, jadi bisa keluar semua skill-nya saat melawan DKI Jakarta di super round,” pungkas Rajib.


Di super round atau semifinal cabang olahraga baseball PON XXI 2024, Lampung akan bersua DKI Jakarta, dan Jawa Barat akan berhadapan dengan Banten. Pemenang pada babak ini akan melaju ke Grand Final atau perebutan medali emas. Sedangkan tim yang kalah akan memperebutkan medali perunggu. (*)