KONKRIT NEWS
Senin, September 30, 2024, 10:37 WIB
Last Updated 2024-10-07T12:57:45Z
Unila

KKN Unila Sosialisasikan Peluang dan Potensi Penggunaan AI dalam Pendidikan

Advertisement

Lampung Timur - Peluang dan potensi penggunaan Artificial Intelligence (AI) dalam konteks pendidikan sangat luas yakni sebagai alat yang dapat membantu proses mengajar maupun membantu dalam administrasi. Selain itu, pergantian kurikulum menyebabkan semua guru harus beradaptasi dengan teknologi.


Tidak sedikit para guru mengalami kendala dalam beradaptasi dengan era digital yang tidak berbanding lurus dengan mudahnya akses internet. Selalu ada kendala-kendala yang harus dihadapi para guru sebelum dapat merasakan kemajuan teknologi dalam proses belajar mengajar.


Terlebih para guru mempunyai kewajiban mengajar menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM). Melihat hal tersebut tim Kuliah Kerja Nyata (KKN) Universitas Lampung (Unila) peka dan berempati membantu para guru serta murid dengan menginiasi program kerja sosialisasi AI.


Program kerja sosialisasi AI diinisiasi tim KKN Unila yang terdiri dari Agum Riawan Jaya, Adam Syams Putra Sugevi, Rafli Alhaqi Anhuma Turaya, Adinda Ayu Puspitaningrum, Katarina Sihotang, Lusia Prastica, Meisya Surya Islami, serta dipandu Dosen Pembimbing Agus Sugiri, S.T., M. Eng.


Program kerja digelar di SMKN 1 Bumi Agung, Desa Mulyo Asri, Kecamatan Bumi Agung, Kabupaten Lampung Timur pada Selasa, 30 Juli 2024. Dalam sosialisasi, Rafli Alhaqi Anhuma Turaya selaku narasumber menyampaikan pengertian, jenis, dan cara kerja AI secara umum, dan contoh layanan AI yang tersedia secara gratis di internet.


Selain itu, sosialsiasi yang diikuti guru, staff dan kepala sekolah SMKN 1 Bumi Agung membahas terkait layanan AI ChatGPT secara spesifik seperti pengertian, kapabilitas, fungsi, keterkaitan, dan pemanfaatannya dalam lingkup pendidikan contohnya dalam PMM, kemudian website pendukung dan layanan AI lainnya, video pemaparan UI dan cara mengunakannya.


“Saya harap program kerja ini dapat bermanfaat bagi guru-guru SMKN 1 Bumi Agung Desa Mulyo Asri dan juga dapat membawa perubahan yang signifikan, saya paham sekali terkait kesulitan seorang guru di tengah pergantian kurikulum merdeka ini,” tutur Rafli selaku narasumber saat diwawancarai pada Senin, 30 September 2024.


Rangkaian kegiatan dimulai dengan sambutan kepala sekolah, pemaparan materi, sesi tanya jawab dan penutup. Dengan adanya sosialisasi ini, mahasiswa KKN Unila dapat melihat kondisi nyata seperti apa dunia pendidikan di Indonesia saat ini. Selain itu, dengan adanya sesi tanya jawab dapat membuat acara terlaksana secara interaktif.