KONKRIT NEWS
Minggu, September 08, 2024, 13:43 WIB
Last Updated 2024-09-08T06:43:20Z
Bandar LampungUnila

IKA FP Unila Periode 2024-2029 Resmi Dikukuhkan

Advertisement

Bandar Lampung - Ikatan Alumni (IKA) Fakultas Pertanian Universitas Lampung periode 2024-2029 secara resmi dikukuhkan di gedung A1 Dekanat Fakultas Pertanian Unila pada Minggu, (8/9/2024). 


Ketua IKA FP Unila Elvira Umihanni mengatakan, kita hari hadir tentunya sebagai alumni, orang-orang yang sangat mencintai almamater Pertanian Unila. 


"Tanpa rasa cinta kita, tak sampai kita di gedung ini. Kemudian banyak yang menjadi kenangan disaat kita menempuh bangku kuliah," kenang Elvira Umihanni. 


Elvira pun menyampaikan, baik proses belajar mengajar, pergaulan dan aktivis sebagai Mahasiswa menimba ilmu di FP Unila. 


"Pengukuhan hari ini adalah bentuk estafet kepengurusan sebelumnya, menjadi keinginan kita semua bukan keingin saya dan pengurus. Tetapi, ini adalah bentuk keseriusan kita bersama menjadikan IKA FP Unila sebagai jembatani aspirasi Mahasiswa dan potensi semua alumni," urai Elvira. 


Menurut Elvira Umihanni, peran alumni akan terus bermanfaat bagi almamater dan masyarakat. Karena keberadaan alumni adalah untuk mempererat silaturahmi antar alumni ini yang terus kita jaga. 


"Secara eksternal IKA FP Unila bermanfaat bagi almamater Unila dan masyarakat. Bagaiamana bisa menunjukkan eksistensinya bagi mahasiswa untuk menjadi rool model di sektor pertanian," jelas Elvira Umihanni. 


Elvira Umihanni menilai, di sektor pertanian sendiri sampai kapanpun selagi manusia membutuhkan pangan tidak akan pernah berhenti pembangun. 


"Kebutuhan terhadap teknologi dan hasil-hasil pertanian dari kampus untuk menunjang kemajuan sektor pertanian terus digaungkan. Kita tahu, beberapa komoditas pangan kita sehari-hari masih banyak Impor," ujar Elvira Umihanni. 


"Beras kita masih butuh tambahan, masih impor kedelai bahan baku tempe yang kita makan sehari-hari juga masih impor. Maka dari itu, tugas kita semua bagaimana pemenuhan pangan, baik secara kualitas dan kuantitas hingga harga yang terjangkau," tambah Elvira. 


Elvira Umihanni mengajak untuk bersumbangsih dalam pemikiran hadir di tengah-tengah masyarakat. 


"IKA FP Unila sedang sumber daya manusia yang ada, dengan pengalaman yang beragam tentu dapat memberikan kontribusi pada tantangan dalam pembangunan Pertanian kedepan," tukas Elvira Umihanni. 


Sementara itu, Guru Besar Unila Profesor Muhajir Utomo menyampaikan selamat atas pengukuhan kepengurusan yang baru IKA FP Unila periode 2024-2027.


"Hari ini saya senang sekali, bisa menghadiri pengukuhan IKA FP Unila," ujar Prof Muhajir Utomo. 


Prof Muhajir Utomo menjelaskan, Fakultas yang menjadi tauladan baik secara indikator capaian akademik hingga penelitian ada di FP Unila. 


"Tradisi ini harus di pertahanankan SDM kita sudah dibangun sejak dosen kita terdahulu, nilai-nilai kepada mahasiswa Fakultas Pertanian sudah Vioner bidang Akademik maupun non akademik," kata Prof Muhajir Utomo. 


Prof Muhajir menambahkan, unggul yang lain karena SDM hingga dosennya mendapat beasiswa ke luar negeri. Sehingga periode selanjutnya FP Unila guru besar terbanyak di Unila. 


"Alumni itu indikator yang baik, dampak proses pembangunan daerah nasional. Tetapi hari ini bisa di cek, baik dibidangnya dan politik, integritas nya harus bagus," jelas Prof Muhajir Utomo. 


"Kembali ke kita IKA FP Unila, harus tidak terpisahkan dari program dari Fakultas Pertanian, nama besar Unila  tergantung dengan Alumninya, sehingga pembangunan Lampung alumni sangat berperan penting," tutup Prof Muhajir Utomo.