KONKRIT NEWS
Selasa, September 10, 2024, 15:19 WIB
Last Updated 2024-10-20T08:21:00Z
DPRD Lampung

Gerindra Tunjuk Ahmad Giri Akbar Jadi Ketua DPRD Lampung

Advertisement

Bandar Lampung - DPRD Lampung segera merampungkan proses alat kelengkapan dewan (AKD). Sementara DPP Gerindra menunjuk Sekretaris DPD Gerindra Lampung Ahmad Giri Akbar sebagai Ketua DPRD Lampung devinitif.


Ketua Partai Gerindra Provinsi Lampung Rahmat Mirzani Djausal menegaskan bahwa Ahmad Giri Akbar akan didapuk sebagai Ketua DPRD definitif. Sementara untuk Ketua Komisi, partai pemenang Pileg 2024 itu mengusulkan nama Mukhlis Basri, Anggota DPRD Lampung dari Dapil IV Kabupaten Tanggamus, Pesisir Barat, dan Lampung Barat.


“Giri akan menjadi ketua DPRD Lampung secara definitif. Pak Mukhlis kami proyeksikan untuk menjadi salah satu pimpinan di komisi,” kata Rahmat Mirzani Djausal, Selasa (10/9/2024).


Berdasarkan informasi yang beredar, Partai Gerindra mengincar kursi Ketua pada Komisi IV. “Untuk komisi berapanya kita belum bisa memberi jawaban pasti, kita serahkan berdasarkan hasil musyawarah teman-teman fraksi,” jelasnya.


Mukhlis Basri menyatakan siap menjalankan apapun perintah partai yang diamanahkan padanya. “Saya ini kader partai. Apapun perintah partai kita siap. Mau jadi ketua komisi ataupun tidak. Asal jangan dipecat saja,” kata Mukhlis.


Diketahui, pada periode 2019-2024, Mukhlis Basri memang sudah konsen (bertugas) di komisi IV DPRD Lampung, yang membawahi bidang infrastruktur.


“Fokus saya selama ini bagaimana membangun dapil. Saya banyak membantu memperjuangkan perbaikan jalan. Jalan lingkungan maupun provinsi. Karena saat ini saya kembali dipercaya masyarakat menjadi wakil rakyat akan saya teruskan perjuangannya. Sebab kita tidak bisa mengandalkan APBD kabupaten saja,” jelas Mukhlis.


Selama lima tahun menjabat (periode 2019-2024), berbagai ruas jalan telah berhasil diperjuangkan oleh Mukhlis, yang tentunya turut dibantu rekannya di Komisi IV DPRD Lampung. Salah satunya pembangunan ruas jalan Ulubelu, yang menghubungkan Kabupaten Tanggamus dengan Lampung Barat.


“Sekarang kita lagi fokus ke arah Kiluan. Kemudian ruas jalan dari Kota Agung menuju Cukuh Balak, dan Pulau ke arah Limau. Ruas itu yang jadi perhatian kita,” terangnya.

Sebelumnya, Pimpinan sementara DPRD Lampung Ahmad Giri Akbar mengatakan bahwa penyusunan AKD akan dikebut.


Rencananya pembentukan akan dimulai usai orientasi yang dilakukan pasca pelantikan hingga 9 September 2024. “Mungkin secara resmi komunikasi informal akan dibangun. Tapi kalau konektifnya saya rasa setelah orientasi,” kata Giri saat diwawancara usai pelantikan anggota DPRD Lampung, Senin (2/9/2024).


Sola target rampung seluruh AKD tanggal berapa, Giri menyatakan akan dirampungkan secepatnya. “Kita nanti mengakomodir temen-temen semua. Mudah-mudahan secepatnya, sehingga kinerja DPRD nanti bisa cepet terlaksana,” jelasnya, sambil menunngu rapat Paripurna penetapan AKD.