KONKRIT NEWS
Rabu, Agustus 28, 2024, 13:37 WIB
Last Updated 2024-09-05T06:39:30Z
UINRIL

UIN Raden Intan Lampung Gelar FGD CQI Pasca Akreditasi Unggul

Advertisement


Bandar Lampung – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Lembaga Penjaminan Mutu (LPM) menyelenggarakan Focus Group Discussion (FGD) Continuous Quality Improvement (CQI) sebagai tindak lanjut dari pencapaian akreditasi Unggul yang baru saja diraih. 


FGD yang berlangsung di Ballroom Raden Intan, Senin (26/08/2024) ini dihadiri oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT Prof Ari Purbayanto PhD, dan anggota Dewan Eksekutif BAN-PT Prof Dr Slamet Wahyudi ST MT, Sekretaris BAN-PT Maryana MH, Pj Gubernur Lampung yang diwakili Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik, Ganjar Jationo.


Kemudian perwakilan dari perguruan tinggi di Provinsi Lampung, perwakilan Kopertais Wilayah XV Lampung, serta jajaran pimpinan dan sivitas akademika UIN Raden Intan Lampung.


Dalam sambutannya, Rektor UIN Raden Intan Lampung, Prof H Wan Jamaluddin MAg PhD, menegaskan bahwa pencapaian akreditasi Unggul bukanlah akhir dari perjalanan, tetapi awal dari upaya berkelanjutan untuk meningkatkan kualitas institusi. 


“Continuous Quality Improvement adalah proses yang tidak pernah berhenti. Dengan siklus penjaminan mutu yang berkelanjutan, kita akan terus memperbaiki dan memperkuat sistem, sehingga UIN Raden Intan Lampung dapat terus berkembang dan bersaing di kancah global,” ujar Rektor.


Prof. Wan juga menyampaikan apresiasi kepada seluruh tim yang telah bekerja keras dalam meraih akreditasi Unggul tersebut. 

“Keberhasilan ini adalah hasil dari kerja keras bersama. Terima kasih kepada tim Akreditasi Perguruan Tinggi, LPM, serta seluruh yang terlibat yang selama empat bulan yang telah berjuang untuk memastikan UIN Raden Intan Lampung mendapatkan akreditasi unggul,” tambahnya.


Lebih lanjut, Rektor menjelaskan bahwa CQI bertujuan untuk menciptakan budaya perbaikan yang berkelanjutan di seluruh institusi. Melalui proses ini, berbagai aspek operasional dan akademik akan dievaluasi dan ditingkatkan, termasuk kurikulum, metode pengajaran, dan layanan kepada mahasiswa. 

“Ini akan memastikan bahwa setiap elemen di UIN Raden Intan Lampung berkontribusi dalam menciptakan lingkungan akademik yang berkualitas tinggi dan responsif terhadap kebutuhan perkembangan zaman,” jelas Rektor.


Dalam FGD ini, BAN-PT secara resmi menyerahkan sertifikat akreditasi unggul kepada Rektor Prof. Wan Jamaluddin. 

Dalam sambutannya, Prof Ari Purbayanto PhD., mengucapkan selamat atas pencapaian UIN Raden Intan Lampung. “Capaian ini adalah bukti nyata bahwa UIN Raden Intan Lampung memiliki komitmen kuat dalam menjaga dan meningkatkan mutu pendidikan tinggi. Penggunaan sembilan kriteria akreditasi, yang tidak mudah dipenuhi oleh banyak perguruan tinggi, telah menjadi dasar penilaian yang akhirnya mengantarkan UIN Raden Intan Lampung meraih akreditasi Unggul selama empat bulan,” ungkapnya.


Ganjar Jationo, yang mewakili Pj Gubernur Lampung, juga memberikan apresiasi dan menekankan pentingnya kolaborasi semua pihak dalam menjaga mutu pendidikan di Lampung, khususnya di UIN Raden Intan Lampung, yang telah menunjukkan prestasi luar biasa dengan meraih akreditasi Unggul.


Ketua LPM, Andi Thahir Ed D., dalam laporannya menyampaikan, CQI bukan hanya tentang perbaikan yang berkelanjutan, tetapi juga merupakan upaya strategis untuk memastikan bahwa UIN Raden Intan Lampung mampu beradaptasi dengan perubahan global. 


“Kami juga terus berkomitmen untuk menerapkan prinsip Sustainable Development Goals (SDGs) dalam setiap aspek kegiatan kita. Motto ‘Bertumbuh Mendunia’ mencerminkan tekad kita untuk berkembang secara global dengan memperhatikan pembangunan yang berkelanjutan. SDGs bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dunia melalui inisiatif yang menjaga keberlanjutan lingkungan dan kesejahteraan sosial. Ini sejalan dengan visi kita untuk mengembangkan ilmu keislaman integratif-multidisipliner berwawasan lingkungan,” paparnya.


Andi Thahir juga memaparkan UIN Raden Intan Lampung sedang melangkah pada tahap milestone Rekognisi Internasional (2025-2030), kemudian pada 2030 hingga 2035, UIN Raden Intan Lampung akan memasuki Tahap Rujukan Internasional, 

Kegiatan FGD ini diharapkan dapat menghasilkan rekomendasi strategis dalam memperkuat budaya mutu di seluruh unit kerja di UIN Raden Intan Lampung, serta menjadi landasan bagi universitas ini untuk terus bertumbuh dan mendunia sesuai dengan visi yang telah ditetapkan.