KONKRIT NEWS
Rabu, Agustus 28, 2024, 13:35 WIB
Last Updated 2024-09-05T06:37:00Z
UINRIL

Serahkan Sertifikat Akreditasi Unggul, Direktur Dewan BAN-PT Dorong UIN RIL Menuju World Class University

Advertisement

 


Bandar Lampung – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) secara resmi menerima sertifikat akreditasi Unggul dari BAN-PT, sebuah pencapaian yang diharapkan menjadi langkah awal menuju visi besar universitas ini untuk menjadi World Class University.


Sertifikat dengan nomor 1212/SK/BAN-PT/Ak/PT/VI/2024 ini diserahkan oleh Direktur Dewan Eksekutif BAN-PT, Prof Ari Purbayanto PhD, dalam acara Focus Group Discussion (FGD) Continuous Quality Improvement (CGI) yang berlangsung di Ballroom Raden Intan, Senin (26/08/2024).


Prof Ari mengapresiasi UIN Raden Intan Lampung yang berhasil meraih akreditasi Unggul hanya dalam waktu empat bulan persiapan. UIN Raden Intan Lampung dinyatakan terakreditasi unggul pada 25 Juni 2024 lalu.


“Tidak banyak perguruan tinggi yang mampu memenuhi sembilan kriteria akreditasi dalam waktu singkat. Kegigihan dan komitmen yang ditunjukkan oleh UIN Raden Intan Lampung sangat luar biasa dan patut dijadikan contoh bagi perguruan tinggi lainnya,” ujar Prof Ari.


Ia juga mendorong UIN Raden Intan Lampung untuk tidak berpuas diri dengan pencapaian ini, melainkan terus berupaya meningkatkan standar mutu melalui prinsip Kaizen, yang berarti perbaikan berkelanjutan.


“Dengan prinsip ini, UIN Raden Intan Lampung harus siap menghadapi tantangan berikutnya, yaitu menjadi World Class University. Penjaminan mutu yang baik harus terus diterapkan dan ditularkan ke perguruan tinggi lain, khususnya di wilayah Lampung,” tambahnya.


Sertifikat akreditasi ini merupakan pengakuan terhadap kualitas penyelenggaraan pendidikan di UIN Raden Intan Lampung, yang telah memenuhi standar nasional bahkan internasional. 


Prof. Ari juga mengingatkan bahwa hanya 2,5% perguruan tinggi di Indonesia yang berhasil meraih akreditasi Unggul, sehingga UIN Raden Intan Lampung memiliki tanggung jawab besar untuk mempertahankan dan bahkan meningkatkan mutu ini.


Sementara itu, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Provinsi Lampung, Ganjar Jationo, yang hadir mewakili Pj. Gubernur Lampung, menyampaikan harapannya agar UIN Raden Intan Lampung terus menjadi teladan dalam pendidikan tinggi di Lampung dan mampu bersaing di kancah internasional.