KONKRIT NEWS
Jumat, Agustus 23, 2024, 13:08 WIB
Last Updated 2024-09-13T06:11:21Z
DaerahPemprov

Pj. Gubernur Samsudin Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024

Advertisement


BANDARLAMPUNG Pj. Gubernur Lampung Samsudin Pimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024 Polda Lampung dalam rangka pengamanan pilkada serentak 2024 di Provinsi Lampung, yang dilaksanakan di Dermaga Pelabuhan Panjang, Bandar Lampung, Jum’at (23/8/2024).


Kegiatan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Praja Krakatau 2024 ini merupakan bagian penting dari upaya memastikan keamanan dan ketertiban selama pelaksanaan Pilkada Serentak tahun 2024 di Provinsi Lampung.


Pj. Gubernur Samsudin menyampaikan bahwa tepat pada hari Rabu, 27 November 2024 nanti, akan dilaksanakan Pilkada serentak di seluruh wilayah Indonesia.


Khusus di Provinsi Lampung, akan diselenggarakan Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur, serta 13 Bupati dan Wakil Bupati, dan 2 Walikota dan Wakil Walikota secara serentak.


“Pilkada Serentak merupakan momentum penting dalam demokrasi kita. Ini adalah saat dimana masyarakat akan menyalurkan hak suaranya untuk memilih pemimpin yang akan membawa Provinsi Lampung menuju kemajuan yang lebih baik,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.


Tantangan yang dihadapi tentu tidaklah ringan. Dinamika politik yang berkembang, tingginya partisipasi masyarakat, dan potensi sengketa yang mungkin timbul selama proses ini berlangsung, adalah beberapa tantangan yang perlu kita hadapi dengan penuh kewaspadaan dan kesiapan untuk menghadapi persoalan-persoalan itu.


“Oleh karena itu, kesiapan pasukan pengamanan sangatlah krusial dalam memastikan bahwa seluruh tahapan Pilkada dapat berjalan dengan aman, tertib, lancar, dan damai,” ujar Pj. Gubernur Samsudin.


Operasi Mantap Praja Krakatau 2024, Lanjut Pj. Gubernur Samsudin, ini bukan sekadar tugas rutin, tetapi sebuah panggilan untuk menjaga kehormatan negara dan Provinsi Lampung.


“Setiap langkah yang diambil, setiap tindakan yang dilakukan, harus mencerminkan profesionalisme dan komitmen tinggi dalam melindungi dan mengayomi masyarakat,” ujarnya.


Samsudin mengingatkan jangan sampai ada ruang bagi pihak-pihak tertentu, bagi pihak yang tidak bertanggungjawab yang ingin mengganggu jalannya Pilkada, baik melalui kekerasan, intimidasi, maupun tindakan lainnya yang dapat merusak proses pilkada, proses demokrasi yang ada di Indonesia ataupun di Provinsi Lampung.


Untuk itu, Pj. Gubernur Samsudin mengajak semua pihak untuk terus memperkuat soliditas dan sinergi dari seluruh petugas pengamanan baik Polri, TNI maupun seluruh elemen masyarakat.


“Sehingga, kita dapat menciptakan situasi yang kondusif dan memastikan bahwa Pilkada Serentak 2024 di Provinsi Lampung dapat berjalan dengan sukses, harmoni, damai, dan demokratis,” ujarnya.


Dalam kesempatan yang sama, Kapolda Lampung Irjen Pol. Helmy Santika menyampaikan gelar pasukan ini adalah sebagai wujud kesiapsiagaan menghadapi berbagai macam persoalan yang ada di provinsi Lampung.


Yang pertama, letak geografis Provinsi Lampung yang juga rentan dengan bencana. “Apel ini, rekan-rekan hadir untuk kita siap, kita bisa menunjukkan kepada masyarakat di provinsi Lampung bahwa kita siap apabila terjadi bencana, kita bisa tanggap memberikan pertolongan kepada masyarakat,” ujar Kapolda Lampung.


Yang Kedua, Kapolda Lampung, menyinggung mengenai tahapan awal Pemilukada yang akan dimulai pada tanggal 27 Agustus mendatang. Ia menegaskan bahwa situasi politik yang mulai memanas harus dihadapi dengan profesionalisme dan netralitas oleh seluruh jajaran TNI dan Polri.


“Bagi kita, NKRI adalah harga mati. TNI dan Polri, adalah perekat utama demokrasi. Mari kita kawal dengan baik proses demokrasi yang akan dilaksanakan di Provinsi Lampung,” ujar Kapolda Lampung.


Yang Ketiga, apel gelar pasukan ini juga dalam rangka kita menunjukkan kesiapan kita dalam menghadapi berbagai macam pengamanan baik itu pengamanan yang sifatnya VVIP, pengamanan kegiatan, dan lain sebagainya.


Yang Keempat, lanjutnya, usaha, upaya, dan ikhtiar “Selanjutnya tinggal kita berdoa kepada Allah SWT, Tuhan Yang maha Esa semoga kita semua diberikan kekuatan kesehatan dimudahkan dalam setiap pelaksanaan tugas,” ujarnya.


Sementara itu, Danrem 043/Gatam Brigjen TNI Rikas Hidayatullah, menekankan agar semua personel memastikan bahwa setiap tugas dijalankan dengan penuh tanggung jawab.


“Mulai hari ini, saya harap semua unsur yang ada di sini memahami bahwa operasi adalah tugas utama. Jangan ada yang lengah, karena kita semua memiliki peran penting dalam menjaga keamanan dan ketertiban di Lampung,” ujar Danrem 043/Gatam.


Ia juga menyatakan keyakinannya bahwa seluruh personel yang terlibat dalam apel ini memiliki kesadaran tinggi akan pentingnya tugas yang diemban.


“Saya yakin dan percaya bahwa kalian semua menyadari betapa pentingnya operasi ini. Ini adalah ujian bagi kita semua, dan saya yakin kita mampu melaksanakannya dengan baik,” kata Danrem 043/Gatam.


Kegiatan Apel tersebut turut dihadiri Forkopimda Provinsi Lampung, Ketua KPU Provinsi Lampung, Ketua Bawaslu Provinsi Lampung, Unsur TNI Polri, Penyelenggara Pilkada Serentak Tahun 2024 Se-Provinsi Lampung, dan Peserta Apel Gelar Pasukan terkait.