KONKRIT NEWS
Rabu, Agustus 14, 2024, 11:20 WIB
Last Updated 2024-09-05T05:30:26Z
Unila

Kembangkan Karakter Mahasiswa di Era Digital, Unila Gelar Program PKKMB

Advertisement

Bandar Lampung - Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan program Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa (PKKMB) tingkat universitas dengan tema “Mengembangkan Karakter Mahasiswa di Era Digital untuk Unila Be Strong”, 15-16 Agustus 2024.


PKKMB tingkat universitas dilakukan secara luring di Gedung Serbaguna (GSG) Unila dan secara daring melalui aplikasi Zoom serta kanal Youtube Official Unila.


Wakil Rektor Bidang Alumni dan Kemahasiswaan Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., dalam laporannya menyampaikan, terdapat 10.358 mahasiswa baru dari jenjang D-3 hingga S-3, ditambah tujuh mahasiswa dari jalur 3T (Tertinggal, Terdepan, Terluar), serta tujuh mahasiswa jalur afirmasi Adik Papua.


Kegiatan dibuka secara resmi Rektor Unila Prof. Dr. Ir. Lusmeilia Afriani, D.E.A., I.P.M., Asean., Eng., yang menyampaikan PKKMB merupakan sebuah kegiatan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa baru Unila sebagai syarat mengikuti perkuliahan dan wisuda.


“Kami juga mendorong mahasiswa baru untuk lulus tepat waktu dan tidak lebih dari empat tahun. Saya berharap kalian bisa lulus sebelum bulan Agustus 2028, kurang dari empat tahun,” ungkap Rektor.


Selama PKKMB, mahasiswa baru dibekali berbagai materi oleh para pakar. Salah satu materi bertema “Mahasiswa dan Ketertiban Masyarakat” oleh Kapolda Provinsi Lampung Irjen. Pol. Helmy Santika, S.H., S. IK., M.Si. Materi ini membahas peran dan kewajiban mahasiswa dalam menjaga ketertiban di tengah masyarakat.


Kegiatan dilanjutkan dengan pemaparan materi “Peraturan Akademik Unila” oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Dr. Eng. Suripto Dwi Yuwono, S.Si., M.T., dan sosialisasi “Anti-Bully dan Kekerasan” oleh Diah Utami Ningsih, S.Psi., M.Pd.


Materi berikutnya mencakup topik “Kehidupan Berbangsa dan Bernegara,” oleh Danrem 043 Garuda Hitam, Brigjen. TNI Rikas Hidayatullah, dilanjutkan materi dari Wakil Wali Kota Bandar Lampung Deddy Amarullah mengenai “Peran Mahasiswa dalam Era Digital”.


Materi diakhiri dengan pemaparan terkait “Layanan Klinik Unila” oleh Tim Klinik Unila agar mahasiswa baru dapat mengetahui berbagai pelayanan yang bisa diperoleh di Klinik Unila.


Selama kegiatan berlangsung, mahasiswa baru tampak interaktif melaksanakan sesi tanya jawab dengan para pemateri. Hal ini menunjukkan antusias mahasiswa baru untuk mengikuti perkuliahan di Unila dengan penuh semangat.