KONKRIT NEWS
Kamis, Agustus 01, 2024, 15:37 WIB
Last Updated 2024-08-01T08:37:38Z
UINRIL

Dorong Kualitas Penelitian, UIN RIL Tingkatkan Kompetensi Reviewer dan Calon Reviewer

Advertisement


Bandar Lampung  – Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL) melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LP2M) menggelar Bimbingan Teknis (Bimtek) Peningkatan Kompetensi Reviewer dan Calon Reviewer, Kamis (01/08/2024).


Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas penelitian di UIN RIL serta mendukung upaya perguruan tinggi untuk terus berkembang dan berdaya saing di tingkat nasional maupun internasional.


Acara yang berlangsung di Ruang Meeting Lt.1 ini dibuka oleh Wakil Rektor I UIN RIL Prof Dr H Alamsyah MAg, dan dihadiri Ketua Senat Prof Dr Idham Kholid MAg, serta para reviewer, calon reviewer, dan Kepala Pusat di lingkungan LP2M.


Dalam sambutannya, Wakil Rektor I menekankan pentingnya peran reviewer dalam meningkatkan kualitas penelitian di UIN RIL. “Reviewer tidak hanya sebagai penilai, tetapi juga sebagai motor penggerak peningkatan kualitas penelitian. Melalui bimtek ini, diharapkan para reviewer dapat memberikan kontribusi yang lebih besar dalam menghasilkan penelitian yang berkualitas dan relevan,” ujar Prof Alamsyah.


Senada dengan Wakil Rektor I, Ketua LP2M Prof Dr A Kumedi Ja’far MH, juga menyampaikan apresiasi kepada para reviewer yang telah berkontribusi dalam meningkatkan kualitas penelitian di UIN RIL. “Keberadaan reviewer sangat penting untuk menjaga kualitas penelitian kita. Dengan adanya reviewer yang kompeten, kita dapat meningkatkan pemeringkatan webometric dan reputasi UIN RIL,” ungkapnya.


Narasumber yang dihadirkan pada bimtek kali ini ialah Kasubdit Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat  Direktorat Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam Direktorat Jenderal Pendidikan Islam Kementerian Agama RI, Dr Nur Khafid SThi MSc. Dalam paparannya, ia memberikan materi terkait litapdimas, kriteria penilaian proposal penelitian yang baik serta etika dalam menjadi reviewer. Ia juga menyampaikan bahwa menjadi reviewer adalah tugas mulia yang membutuhkan keikhlasan untuk mendorong hasil penelitian yang berkualitas.


“Kehadiran Kasubdit menjadi angin segar, mudah-mudahan, akhir tahun ini akan ada rekruitmen reviewer baru, dan ini menjadi kesempatan emas bagi Bapak/Ibu menjadi reviewer baru di UIN Raden Intan Lampung. Termasuk reviewer yang lama juga akan di-update dan diberikan refreshment,” tambah Prof Kumedi.


Sementara itu Kepala Pusat Penelitian (Puslit) UIN RIL, Prof Dr H Yuberti MPd mengatakan, keberadaan reviewer di UIN Raden Intan merupakan salah satu rekognisi yang juga harus menjadi perhatian kita bersama. “Diharapkan, para reviewer di lingkungan UIN Raden Lampung ini nanti ke depan, tidak hanya berperan sebagai Reviewer di Litapdimas, tetapi juga menjadi reviewer dalam berbagai event bergengsi lainnya secara nasional maupun internasional dan aktif terlibat dalam kegiatan akademik secara internasional, baik dalam bentuk konferensi maupun publikasi,” tandasnya.