KONKRIT NEWS
Rabu, Juli 24, 2024, 10:12 WIB
Last Updated 2024-08-08T03:15:34Z
UINRIL

Perebutkan Piala Rektor, 855 Atlet Berlaga di Kejuaraan Pencak Silat Raden Intan Championship

Advertisement



Bandar Lampung – Sebanyak 855 atlet berlaga pada pertandingan Kejuaraan Pencak Silat Raden Intan Championship yang berlangsung di GSG KH Ahmad Hanafiah Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Intan Lampung (RIL), 24-25 Juli 2024.


Ratusan atlet tersebut terdiri dari 262 usia dini, 374 pra remaja, dan 219 remaja, mulai dari pelajar tingkat SD/Madrasah, SMP/MTs, SMA/MA dari berbagai daerah di Lampung. Dengan penuh semangat dan sportivitas, mereka memperebutkan Piala Rektor UIN Raden Intan Lampung. 


Kejuaraan Pencak Silat Raden Intan Championship 2024 ini dihelat oleh Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Tapak Suci UIN Raden Intan Lampung. Di dalamnya, terdapat kategori Tanding, Seni Tunggal, Ganda, Regu dan Solo Kreatif. Kejuaraan ini menjadi ajang bergengsi bagi para atlet pencak silat untuk menunjukkan kemampuan mereka dan menjadi batu loncatan mencapai prestasi yang lebih tinggi.


Wakil Rektor I UIN Prof Dr H Alamsyah MAg, dalam sambutannya sekaligus membuka acara, menyambut baik penyelenggaraan ini. Prof Alamsyah dengan bangga mengucapkan selamat datang kepada para atlet.


“Kami keluarga besar UIN Raden Intan Lampung, mengucapkan selamat datang dan sangat berbahagia dengan dilaksanakannya kegiatan Kejuaraan Pencak Silat Raden Intan Championship 2024 ini. Semoga acara ini berjalan lancar dan tumbuh generasi atlet yang profesional ,” ucapnya.


Prof Alamsyah mengatakan, sebagai institusi pendidikan, kampus UIN Raden Intan Lampung tidak hanya mencerdaskan bangsa, tetapi juga mendukung dalam membangun mental, kekuatan fisik, spiritual para mahasiswa menjadi atlet-atlet hebat. 


“Kami mendukung para mahasiswa menjadi atlet-atlet hebat di Provinsi Lampung, Atlet juara nasional, bahkan kita dorong hingga tingkat internasional,” katanya seraya memperkenalkan kampus hijau UIN Raden Intan.


Ketua Umum Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Provinsi Lampung, Faisol Djausal yang diwakili oleh Sekretaris IPSI Provinsi Lampung Riagus Ria SE MM, mengapresiasi terselenggaranya perhelatan ini. Ia berharap kegiatan ini dapat melahirkan atlet-atlet pencak silat berbakat yang dapat mengharumkan nama Lampung dan Indonesia di kancah internasional.


“Ikutilah kejuaraan ini dengan penuh semangat dan sportivitas. Menjadi pemenang itu syaratnya hanya tiga. Latihan, latihan, dan latihan. Tidak ada cerita juara tanpa latihan. Semoga dengan kejuaraan ini akan melahirkan atlet-atlet potensial dan membanggakan di Provinsi Lampung,” harapnya.


Di tempat yang sama, Pembina UKM Tapak Suci UIN Raden Intan Lampung Cahniyo Wijaya Kuswanto MPd menyampaikan, kegiatan ini merupakan program kerja utama UKM Tapak Suci dan menjadi wadah bagi para pesilat untuk unjuk kemampuan dan menjaring atlet berbakat.


Selain itu, kejuaraan ini juga menjadi sarana untuk mempromosikan UIN Raden Intan sebagai salah satu perguruan tinggi yang aktif dalam mengembangkan budaya pencak silat. 

“Diharapkan melalui kegiatan ini, nama UIN Raden Intan semakin dikenal luas dan dapat menarik minat calon mahasiswa baru untuk bergabung,” tandas Cahniyo.