KONKRIT NEWS
Kamis, Mei 16, 2024, 12:23 WIB
Last Updated 2024-05-29T09:20:14Z
Unila

UPT Kearsipan Unila Gelar Bimtek Pengembangan Pedoman Klasifikasi dan JRA

Advertisement

Bandar Lampung - UPT Kearsipan Universitas Lampung (Unila) menyelenggarakan Bimbingan Teknis (Bimtek) Pengembangan Pedoman Klasifikasi dan Jadwal Retensi Arsip (JRA) pada Kamis, 16 Mei 2024, di Hotel Emersia, Bandar Lampung.


Kegiatan yang dibuka Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan Dr. Habibullah Jimad, S.E., M.Si., didampingi Kepala UPT Kearsipan Unila Dr. Heru Wahyudi, S.E., M.Si., bertujuan untuk memperkuat sistem pengelolaan arsip di lingkungan Unila.


Dr. Habibullah Jimad dalam sambutannya mengatakan, pengembangan pedoman klasifikasi dan JRA Arsip merupakan fondasi utama dalam meningkatkan efisiensi dan efektivitas pengelolaan arsip, serta untuk melindungi informasi yang sensitif dan penting bagi Unila.


“Pedoman ini akan membantu kita mengelompokkan dokumen secara sistematis dan mengidentifikasi risiko mungkin terjadi, sehingga kita dapat mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan,” ujar Dr. Habibullah.


Lebih lanjut, ia menekankan pentingnya memiliki pedoman klasifikasi yang jelas dapat memudahkan pengguna untuk mengakses dan mengelola informasi, sehingga meminimalkan risiko kesalahan atau kehilangan data.


Sementara JRA Arsip membantu pengguna mengidentifikasi risiko-risiko mungkin terjadi dan mengambil langkah-langkah pencegahan yang diperlukan.


Ia juga berterima kasih kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras menyelenggarakan kegiatan ini. Ia juga menyampaikan apresiasi khusus kepada narasumber, Yeni Rosmini, S.E., M.E.I., selaku Arsiparis Ahli Madya dari UIN Raden Intan Bandar Lampung, serta seluruh peserta yang hadir dari berbagai fakultas dan unit di Unila.


“Semoga kegiatan ini dapat memberi manfaat besar bagi pengembangan sistem pengelolaan arsip di Unila dan rutin diselenggarakan di masa mendatang. Terima kasih kepada seluruh pihak yang telah berkontribusi atas terselenggaranya acara ini,” tutup Dr. Habibullah.


Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan pemaparan materi oleh Yeni Rosmini mengenai materi JRA Unila, serta melakukan kajian dan pemeriksaan terhadap JRA di Unila.


Pada sesi ini peserta mendapatkan penjelasan mendalam mengenai pedoman klasifikasi dan JRA Arsip. Selain itu, sesi tanya jawab memberikan kesempatan bagi peserta untuk berdiskusi dan berbagi pengalaman.


Bimtek ini diharapkan memberikan pemahaman mendalam tentang pengelolaan arsip dinamis dan statis di lingkungan perguruan tinggi, serta memperkuat sistem pengelolaan arsip Unila agar semakin profesional dan terorganisir dengan baik.