KONKRIT NEWS
Kamis, Mei 23, 2024, 18:03 WIB
Last Updated 2024-05-23T11:03:55Z
Lampung Barat

Pj Bupati Lambar Hadiri Pembukaan Pekan Raya Lampung 2024

Advertisement

Lampung Barat - Pj. Bupati Lampung Barat Drs. Nukman, MM., menghadiri pembukaan Pekan Raya Lampung (PRL) Tahun 2024 yang berlangsung di Pusat Kegiatan Olah Raga (PKOR), Way Halim, Kota Bandar Lampung pada Rabu malam (22/05).


Pekan Raya Lampung atau PRL merupakan agenda tahunan yang diselenggarakan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung sebagai upaya mendongkrak potensi-potensi unggulan yang dimiliki setiap kabupaten/kota yang ada di Lampung.


PRL tahun 2024 ini diselenggarakan selama 20 hari, mulai dari 22 Mei hingga 10 Juni mendatang dengan mengusung tema "harmoni dalam kolaborasi untuk Lampung Berjaya".


Tujuan diselenggarakannya PRL ialah untuk mewadahi kabupaten/kota dalam mempromosikan keunggulan potensi yang dimiliki, mulai dari pertanian, pekebunan, peternakan, perikanan, pariwisata, UMKM, hingga kebudayaan.


Selain itu, PRL juga ditujukan untuk menunjukkan hasil capaian pembangunan Provinsi Lampung yang terdiri dari 15 kabupaten/kota dengan hasil karya yang kreatif, inovatif, dan produktif.


Dalam promosinya, Pemprov Lampung memfasilitasi tempat berupa anjungan dan stand-stand yang diisi berbagai produk UMKM dari masing-masing kabupaten/kota untuk dikunjungi dan dilihat masyarakat yang hadir secara langsung.


Sedangkan untuk anjungan kabupaten Lampung Barat sendiri, di dalamnya terisi sejumlah produk-produk UMKM hasil karya asli masyarakat Lampung Barat, mulai dari olahan makanan sampai minuman.


Tidak ketinggalan, motif khas celugam terpampang menghiasi anjungan kabupaten Lampung Barat yang terlihat pada kain, selendang, kopiah/peci, hingga di souvenir yang terpajang rapi di sana.


Perlu diketahui, celugam adalah motif khas Lampung Barat yang berbentuk potongan potongan kain segitiga berwarna merah, oranye, hitam dan putih yang menyatu menjadi motif-motif unik nan antik. 


Sebelum dikunjungi masyarakat umum, Anjungan kabupaten Lampung Barat terlebih dulu dibuka secara resmi oleh Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Lampung Fahrizal Darminto yang ditandai pemotongan pita tepat di pintu masuk anjungan.


Dalam prosesi pemotongan pita tersebut, Sekda Provinsi Lampung didampingi Pj. Bupati Lampung Barat, Ketua TP-PKK Lampung Barat Ny. Zelda Naturi Nukman, Sekda Lamapung Barat Adi Utama dan sejumlah kepala perangkat daerah Lampung Barat.


Usai memotong pita, Sekda Provinsi Lampung  yang didampingi Pj. Bupati Nukman sembari berbincang meninjau pameran yang ditampilkan di dalam Anjungan.


Dalam perbincangan itu, Pj. Bupati Nukman menjelaskan satu persatu sejumlah keunggulan potensi yang dimiliki kabupaten Lampung Barat dan menikmati secangkir kopi robusta asli, ditambah mencicipi hasil olahan makanan dengan background foto/gambar nuansa alam yang tampak asri.


Pj. Bupati Nukman memaparkan berbagai kekayaan yang menjadi potensi besar kabupaten Lampung Barat mulai dari pertanian, perkebunan, perikanan, pariwisata, hingga budaya maupun UMKM yang telah terkelola.

 

Pj. Bupati Nukman berharap, melalui PRL tersebut segala jenis pembangunan di Provinsi Lampung termasuk Kabupaten Lampung Barat dapat terekspos dan diketahui masyarakat luas.


"Sehingga masyarakat tau, bahwa Provinsi Lampung ini maju dan mampu mengelola sumber daya yang dimiliki dalam pembangunan," ungkap Pj. Bupati Nukman.


Tentu apa yang dikatakan Pj. Bupati Nukman selaras dengan apa yang telah disampaikan Gubernur Lampung Arinal Djunaidi, bahwa peran PRL ialah sebagai ajang pameran sekaligus sebagai wadah promosi untuk menyampaikan segala bentuk informasi keberhasilan pembangunan.


"Pekan Raya Lampung sebagai etalase kolaborasi untuk menunjukkan capaian pembangunan pelayanan publik promosi daerah," pungkasnya. (Indra/KN)