KONKRIT NEWS
Sabtu, Januari 27, 2024, 20:16 WIB
Last Updated 2024-01-27T13:16:49Z
Lampung Barat

Implementasikan Pembangunan Terencana, Pekon Kuau Gelar Musrenbang

Advertisement

Lampung Barat -- Pemerintah Pekon (Desa) Kuau kecamatan Batu Ketulis kabupaten Lampung Barat telah melaksanakan Musrenbangpek  Perencanaan Pembangunan Desa lebih cepat dibanding dengan desa yang lain, Perencanaan Pembangunan pekon (Desa ) yang selanjutnya disingkat Musrenbang ini dilaksanakan pada hari jum’at, 26 januari  2024, bertempat di Aula  balai pekon Kuau.


Kegiatan ini merupakan agenda rutin tahunan sebagai implementasi Rencana Pembangunan Jangka Menengah  pekon Desa (RPJMDes). Turut hadir dalam musyawarah,  camat batu ketulis Ibuk Serihandayani SH , seluruh perangkat pekon Kuau, Ketua LHP (BPD) Forpimcam, Ketua TP-PKK, Kader Posyandu, Kaur Pembangunan  (KPM), Babinsa babinkamtikmas  Tokoh Masyarakat, tokoh agama ,Ketua RT/RW dan Pendamping Desa dan lokal .


Musrenbang ini melibatkan semua komponen masyarakat, untuk menyetujui dan menyepakati skala prioritas pembangunan yang diajukan untuk tahun  2024 /2025 . Segala  periyoritas yang mana bisa terkaper dari dana desa ADD .selanjutnya  Yang mana rencana pembangunan tersebut dibiayai oleh berbagai sumber dana baik itu ADD, Dana Desa, Pendapatan Asli pekon kuau APBD  dan  APBN sumber dana lainnya.

Maksud dan tujuan dari Musrenbang pekon sendiri adalah dilaksanakannya model perencanaan partisipatif di tingkat  pekon Kuau yang melibatkan semua komponen masyarakat, lembaga kemasyarakatan, swasta dan pemerintah pekon (desa) lembaga pemerintah lainnya yang ada di  pekon Kuau, sedangkan tujuan yang hendak dicapai dengan dilaksanakannya musrenbang pekon (desa) adalah:


1. Menyepakati prioritas kebutuhan dan masalah yang sangat mendesak untuk direalisasikan dalam bentuk program maupun kegiatan pada tahun perencanaan/ tahun yang akan datang.

2. Menyepakati tim delegasi  pekon (desa )yang akan memaparkan masalah yang menjadi kewenangan daerah yang berada di wilayah  pekon  kuau (desa) pada forum musrenbang tingkat kecamatan.

 

Sebelum acara ditutup dilaksanakan penandatangan Berita Acara Hasil Musrenbang Desa, perwakilan pese UNrta dilanjutkan Ketua  LHP (BPD) dan pj peratin  Hi Abd  Rahman . (Indra/KN)